Sumber daya yang baik bagi suatu negara merupakan salah satu indikator terpenting yang berperan untuk memajukan suatu negeri. Indonesia merupakan negara dengan sumber daya alam yang sangat berlimpah akan tetapi memiliki sumber daya manusia yang belum mampu mengelola serta mengoptimalkan peluang yang ada. Pentingnya kesadaran pendidikan dan kesehatan merupakan satu kesatuan yang saling terkait untuk memajukan negeri ini. Kesadaran pendidikan di indonesia mungkin mengalami peningkatan di setiap tahunnya yang di buktikan dengan semaikin banyaknya lulusan sarjana dari perguruan tinggi. Akan tetapi, kesadaran akan pentingnya kesahatan dapat diakatakan masih rendah dengan masih banyaknya Tingkat kematian yang diakibat kurangnya gizi di pelosok negeri ini.

Pola hidup yang sehat merupakan wujud nyata untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Pola hidup sehat ini tidak hanya sekedar melakukan olah fisik (olahraga) secara teratur & rutin saja akan tetapi dari segi konsumsi/pola makan pun harus diperhatiakan. Pemenuhan akan gizi yang seimbang menjadi perhatian  yang lebih disini karena jika gizi yang diberikan kurang akan dapat mengakibatkan gizi buruk dan jika berlebih kan mengakibatkan obesitas(kegemukan). Mewujudkan pola makan yang baik dapat menggunakan Panduan Gizi Seimbang (PGS) untuk menghadapi beban permasalahan gizi yang ada, yaitu ketika kekurangan dan kelebihan gizi terjadi secara bersama . PGS memiliki perinsip bahwa setiap golongan individu dipandang dari sudut usia, jenis kelamin, kesehatan dan aktifitas fisik memiliki kebutuhan gizi yang berbeda-beda. PGS memandang protein nabati dan hewani sebagai sebuah kebutahan yang harus dipenuhi oleh setiap individu tidak seperti pedoman terdahulu yaitu 4S 5 sempurna yang beranggapan susu sebagai sebuah kebutuhan sekunder. Di indonesia PGS di visualisasakin dalam wujud tumpeng dan nampannya. (Lihat gambar 1)


Panduan Gizi Seimbang


Gambar 1
 – PGS (Panduan Gizi Seimbang)

Dari gambar PGS terlihat bahwa susu berperan sebagai salah satu sumber protein hewani yang harus di penuhi oleh setiap individu agar terciptanya masyarakat yang memiliki kadar gizi yang seimbang serta mewujudkan generasi yang tidak hanya cerdas secara akal tetapi juga memiliki fisik yang tangkas. Kebiasaan memiliki pola hidup yang sehat sebaiknya dibiasakan serta di tanam sejak dini untuk mewujudkan terciptanya generasi negeri yang lebih baik.

Studi Monckeberg (1971) dalam Rusfidra (2005c) Menunjukkan protein hewani juga jauh lebih baik dari protein nabati. Selain itu, kaitannya dengan membangun kecerdasan bangsa, peran protein hewani sangat mutlak diperlukan. Susu merupakan altenatif karena memiliki harga yang dapat di jangkau oleh masyarakat di bandingkan dengan sumber protein hewani lainnya. sehingga terpenuhinya kebutuhan konsumsi protein hewani bagi pertumbuhan anak indonesia dapat terealisasikan dengan baik.

Image

Data statistik di atas terlihat bahwa tingkat konsumsi masyarakat terhadap susu masih rendah serta tidak mengalami kesetabilan setiap bulannya. Padahal kebutuhan protein hewani atau susu ini dapat meningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Kebutuhan akan susu di negeri ini juga masih kurang jika dibandingkan dengan negara lain seperti yang di ucapkan oleh direktur Trade marketing PT.Frisian Flag.

“ Hendro H Poedjono selaku Trade Marketing Director PT Frisian Flag Indonesia, menyebutkan, konsumsi susu di Indonesia hanya 11,7 liter per kapita per tahun. Padahal, konsumsi negara lain jauh lebih tinggi. Konsumsi susu di Thailand mencapai 30 liter per kapita per tahun, Vietnam 15 liter per kapita per tahun dan Malaysia lebih dari 30 liter per kapita per tahun.”

Susu tidak hanya berperan pada peningkatan  kesehatan tetapi juga kecerdasan anak bangsa. Menciptakan generasi yang lebih cerdas tidaklah lepas  dari peran aktif dan tanggung jawab orang tua masing-masing setiap individu anak negeri.Negeri ini memiliki LPPOM-MUI yang mengawasi segala bentuk produk yang beredar, produk yang baik akan memiliki label halal yang dapat di peroleh dari lembaga tersebut serta untuk memperoleh label tersebut tidaklah mudah karena harus melewati beberapa tahapan secara selektif.

Logo HalalSemakin banyaknya jenis produk makanan yang ada terutama susu setiap orang tua perlu meningkatkan kehati-hatian dan kewaspadaan dalam memilih jenis-jenis makanan yang akan dikonsumsi anak-anak. Mengingat pada saat ini banyak makanan yang tampaknya enak dan halal dimakan ternyata mengandung bahan tambahan (aditif) yang membahayakan bagi kesehatan sehingga berdampak dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Yang perlu diingat bahwa setiap makanan yang enak belum tentu sehat dan halal.

Memilih produk susu dengan label halal merupakan alternatif terbaik di tengah banyaknya persaingan dagang antar produsen susu yang menyajikan harga yang bervariatif hingga inovasi penyajian mulai dari yang murah hingga yang mahal. Produk yang memiliki label halal dapat dikatakan memiliki kualitas produk yang tidak diragukan serta memiliki standarisasi yang baik. Namun, yang saya rasakan sekarang ini masih banyak masyarakat meragukan akan kebenaran label halal yang dicantumkan dalam sebuah produk.

Masyarakat tidak perlu khawatir karena dapat melakukan pengecekan sendiri melalui website yang telah disediakan oleh LPPOM dimana dalam website tersebut menyedikan daftar produk apa saja yang telah secara resmi di berikan label halal.

Pengolahan susu merupakan bagian terpenting untuk terciptanya susu yang memiliki kualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhan gizi setiap anak negeri ini. produsen susu haruslah memiliki inovasi teknologi yang baik untuk menghasilkan susu berkualaitas. Seperti pada PT Frisian Flag yang mengaplikasikan Good Manufacturing Process(GMP) & Hazardous Analytical Critical Control Point (HACCP), mulai dari pemilihan bahan baku, proses produksi, sampai pendistribusi sehingga proses dari hulu ke hilir memiliki pengelolaan serta kontrol yang baik. Produk yang di hasilkan pun oleh perusahaan ini sudah diakui dalam skala internasional maupun nasional yang di buktikan dengan diraihnya ISO 9001 (Quality Control) & ISO 22000 (Food Safety System) serta banyaknya inovasi penyajian produk yang bervariasi.

Tujuan utama konsumsi susu adalah untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D. Akan tetapi, susu memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi setiap individu terutama anak-anak. Dalam blog ini akan sedikit memapparkan apa saja yang terkandung dalam susu serta manfaat yang diberikan.

Sehat Tubuhku Halal Susuku 

Susu merupakan sumber gizi terlengkap yang diperlukan oleh tubuh tidak hanya bagi anak-anak, namun juga untuk remaja, dewasa dan lanjut usia. Namun disarankan konsumsi susu dilakukan sejak usia dini karena pada masa anak-anak inilah pertumbuhan mereka masih terjadi secara pesat dan  diharapkan mereka pun akan terbiasa dengan pola hidup sehat. Beberapa macam kandungan gizi yang ada dalam segelas susu perharinya :

  • Protassium  : Menggerakkan dinding pembuluh darah sehingga menjaganya lebih stabil sehingga jauh dari penyakit darahtinggi serta jantung
  • Yodium, seng dan leticin-nya   : Meningkatkan secara drastis keefisienan kerja otak besar
  • Tyrosine       : Mendorong hormon kegembiraan serta membuat tidur lebih nyenyak
  • Kalsium        : Menambah kekuatan tulang,mencegah penyusutan tulang dan patah tulang
  • Magnesium : Membuat jantung dan sistem syaraf tahan terhadap kelelahan
  • Seng               : Menyembuhkan luka lebih cepat
  • Kandungan vitamin B2      : Meningkatkan ketajaman penglihatan
  • Protein          : Menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit

Susu memiliki kandung gizi yang sangat banyak yang tidak dapat dipenuhi sendiri secara alami dari dalam tubuh. Di indonesia terdapat banyak faktor yang menjadikan rendahnya konsumsi susu diantaranya daya beli masyarakat yang masih rendah serta masih banyaknya masyarakat yang tidak menyukai susu dengan berbagai alasan.

Inovasi terus dilakukan dalam penyajian susu, seperti di temukan pada mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk di konsumsi. Kandungan gizi dalam penyajian susu yang telah di olah menjadi suatu inovasi bentuk yang berbeda ini juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk pertumbuhan anak. Dengan adanya inovasi inilah diharapkan mampu menarik serta menambah  tingkat konsumsi masyarakat terhadap susu dan dapat meningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di negeri tercinta ini.🙂

Inovasi produk dalam PT Frisian Flag sendiri terus dilakukan mulai dari penyajian susu bubuk maupun cair hingga terciptanya sebuah produk susudengan beraneka macam rasa yang dapat dipilih oleh anak-anak sesuai selera mereka.

Inovasi PT Frisian Flag tidak berhenti hanya dari cita rasa tetapi juga secara bioteknologi. PT Frisian Flag  menjadi brand yang pertama kali memproduksi susu  terbaru di Indonesia dengan Isomaltulosa. Isomaltulosa yang sangat penting untuk nutrisi otak anak.  Nutrisi untuk otak tidak kalah penting dibandingkan nutrisi untuk tubuh, karena otak mengkonsumsi 40% energi tubuh untuk daya kembangnya. Inovasi ini akan terus dilakukan agar masyarakat negeri terutama anak-anak memiliki ketertarikan dan menyukai susu untuk memenuhi gizi mereka.

Sedikit yang dapat saya dapat tegaskan dalam blog ini, bahwa tingkat konsumsi masyarakat indonesia terhadap susu masih tergolong rendah sehingga diperlukan usaha yang lebih dengan terus melakukan inovasi dengan dikukung pengolaan yang baik sehingga benar-benar dapat menghasilkan susu yang berkualitas dan halal untuk pertumbuhan anak-anak generasi penerus bangsa ini.

“semoga Indonesia menjadi negara yang lebih baik lagi dengan semakin sadar akan pentingnya pola makan yang baik sebagai wujud hidup yang sehat”

Regard,,

@yudhies_

source :

http://bit.ly/LT7a1n

 detik health :  http://bit.ly/f3TEpG