Bakrie Group & Brothers merupakan magnet bisnis yang dirintis oleh tokoh eksponen bangsa Bpk. Aburizal Bakrie dan juga kemampuan perusahaan yang tidak diragukan terbukti dengan eksistensi yang dapat dipertahankan dan dikembangakan pada situasi perekonomian indonesia yang awalnya tidak stabil. 70 tahun sudah bakrie group berdiri dan berkembang sehingga berhasil dikenal serta menjadi penunjang terpenting dalam perekonomian indonesia. Melalui kerja keras dan cerdas inilah Bakrie Group dapat menjadi perusahaan yang memiliki power serta di perhitungkan ‘keberadaannya’ baik dalam lingkungan nasional maupun internasional.

Bakrie group  diibaratkan sebagai sebuah negara dengan kota-kota/wilayah yang terlibat di dalamnya. Menjadi CEO Bakrie group merupakan hal besar yang memerlukan pemikiran yang besar serta tindakan besar. Bakrie group memiliki GCG (Good Corporate Government) yang sangat baik yang mengatur serta mengelola perusahaannya. Pemahaman serta etos kerja yang tinggi terhadap peran dan tugas yang setiap individu mainkan dalam perusahaan  menjadi  sangatlah penting. Salah satu Peran saya sebagai CEO bakrie group yaitu bertindak merumuskan serta memformulasikan perencanaan & kebijakan strategis dalam lingkungan eksternal dan internal perusahaan.

saya akan menjadi contoh yang tidak hanya pemimpin bagi setiap indivudu tetapi juga menjadi pemimpin untuk diri sendiri. Beberapa sikap akan saya terapkan dalam diri guna meningkatkan kinerja saya pribadi. Sebagai seorang CEO baru dalam perusahaan bakrie group saya akan mempelajari serta memahami  blue print (kerangka kerja) bisnis dan “ Bakrie Untuk Negeri” sebagai falsafah dan landasan nilai-nilai luhur perusahaan.

 

Kebijakan-kebijakan di buat haruslah tidak keluar dari landasan nilai luhur yang ada. Maka dari itu, semua keputusan yang saya buat mengutamakan opinion polls (jajak pendapat) dari setiap direksi maupun pemegang saham dalam RUPS yang terlibat agar saling terintegrasinya setiap keputusan dengan permasalahan yang ada dalam lapangan. Dengan dilakukan hal tersebut diharapkan dapat menciptakan hubungan antar karyawan (Employee Relations) yang jauh lebih baik dari hulu ke hilir dari setiap organ perseroan yang terlibat.

Pada masa jabatan saya ada dua nilai yang akan di junjung tinggi yaitu self assessment (Penilaian Diri) & self-actualization (aktualisasi Diri). Self assessment ini merupakan bagaimana perseroan  mampu menilai berbagai macam sumber daya perseroan dan kemampuan untuk menganalisis segala aspek/faktor yang mempengaruhi ke stabilitasan perusahaan baik dari dalam lingkungan eksternal maupun internal. Kemudian aktualisasi diri yaitu pemberian solusi atas analisis yang ada kemudian menerapkannya secara optimal untuk menciptakan keadaan yang lebih baik. Aktualisasi diri ini mengarah pada kreatifitas dan Inovatif strategis bakrie group.

Sebagai CEO Bakrie Group saya harus mengetahui perkembangan di setiap sektor bisnis yang ada serta dapat memetakan pemasalahan (problem mapping). Menganalisis penyebab terjadinya penurunan serta peluang yang dimiliki setiap sektor bisnis sehingga semua kebijakan dan perancanaan strategis dapat terintegrasi dengan setiap sektor bisnis Bakrie Group.

Berbicara Bakrie Group berarti berbicara empat segmen usaha inti yang ada yaitu perdagangan, jasa dan investasi; infrastruktur dan manufaktur; telekomunikasi; dan perkebunan. Setiap segmen inti dari perusahaan Bakrie Group memiliki faktor-faktor yang berbeda-beda yang mempengruhinya.

Mengacu pada Self assessment  maka Analisis Bakrie Group menjadi sangat penting agar kita dapat mengetahui kelebihan serta kekurangan yang ada. Menjadikan kelebihan sebagai kekuatan untuk menuju Bakrie Group yang lebih baik serta menjadikan kekurangan/kelemahan sebagai sesuatu yang harus diperbaiki. Beberapa metode untuk menganaliasis kekuatan,kelemahan, peluang & ancaman yang dimiliki dalam bakrie group yang dapat digunakan di antaranya dengan metode analisis SWOT untuk menilai lingkungan eksternal & Internal perusahaan agar tetap mampu bertahan dengan melakukan perencanaan yang strategis dan bersaing secara sehat.

Strenght (S)

  1. Rapat Umum Pemegang Saham (“RUPS”) merupakan organ Perseroan tertinggi
  2. Reputasi  sebagai kelompok investasi yang dinamis yang terpercaya di Indonesia dengan penerapan tata kelola yang baik (GCG) meraih penghargaan CGPI award 2010
  3. Peraih penghargaan Brand Champion 2011 sebagai Brand ternama dengan nilai kapitalisasi pasar lebih dari 100 Triliun
  4. akses yang tak tertandingi karena memiliki hubungan baik dengan perusahaan-perusahaan, bank, investor serta badan pemerintahan
  5. Aliansi strategis Perseroan dengan sebuah Perusahaan Investasi berskala Internasional
  6. sumber daya yang berkualitas serta aktualisasi dewan komisaris dan direksi yang telah bepengalaman dibidangnya
  7. Saham tercatat dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak tahun 1989
  8. Portfolio Inti yang merata di berbagia sektor bisnis yang ada
  9. Memiliki pasar modal mungkin yang paling signifikan dan pengalaman di antara investor yang beroperasi diIndonesia.
  10. produk yang diproduksi oleh Bakrie & Brothers adalah ketat sesuai dengan standar kualitas produk internasional.

Weakness(W)

  1. Beredarnya isu-isu yang berkembang dalam lingkungan eksternal perusahaan terkait dengan politik
  2. penyelesaian atas masalah anak perusahaan bakrie group yang tidak menemukan ujungnya ( ex : PT. Bakrie Asuransi jiwa)

Opportunities (O)

  1. Indikator-indikator finansial perseroan yang terus membaik serta memperkuat fundamental bisnis perseroan.
  2. Kinerja makro ekonomi indonesia yang sangat atraktif ditengah krisis hutang dan sebagian tekanan fiskal di eropa menjadi modal penting penggerak ekonomi indonesia
  3. Stabilitas berbagai indikator ekonomi yang relatif terjaga semakin menguatkan untuk menjadikan indonesia sebagai “ emerging market”
  4. Beberapa faktor menjadikan fundamental ekonomi indonesia menjadi kokoh seperti : meningkatnya populasi dan tingginya cadangan sumber daya
  5. Pertumbuhan investasi penanaman modal asing (Foreign Direct Investment) juga meningkat sangat pesat terutama dibidang transportasi dan infrastruktur
  6. Diperolehnya Investment Grade memberi keyakinan kepada investor untuk menjadikan indonesia di pertimbangkan sebagi negara terpening di dunia saat ini.
  7. Meningkatnya ekspansi kapasitas produksi batubara guna memenuhi pesatnya pertumbuhan kebutuhan listrik bagi industri maupun rumah tangga sebagai dampak kondisi perekonomian yang positif.
  8. Permintaan akan batubara dari Indonesia akan tetap menguat karena adanya keterbatasan peningkatan produksi batubara di Australia dan Afrika selatan

­­­­Threats (T)

  1. Masih adanya Hutang perusahaan
  2. ketersediaan pendanaan dari pasar modal dan hutang untuk pembiayaan proyek-proyek infrastruktur terkait energi milik Perseroan.
  3. Adanya usaha-usaha sejenis & ketatnya persaingan bisnis.

Atau semua dapat digambarkan secara jelas dari matrik SWOT dibawah ini atau Download disini (Matrik SWOT)…

Berdasarkan analisis saya ada beberapa tindakan yang akan menjadi titik berat guna memajukan Bakrie Group & Brothers, yaitu

1. Perluasan Jaringan Kerja

Perluasan ini dilakukan guna memanfaatkan peluang yang ada untuk kemajuan BNBR, diantaranya:

  • Bakrie coalition : Meperluas jaringan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan
  • Bakrie trading affiliates : memperluas kontrak kerja dengan perusahaan-perusahaan terutama di bidang energi baik dalam negeri maupun luar negeri. Mengingat kemajuan salah satu sektor bisnis Bakrie Group yaitu dibidang energi serta peluang yang dimiliki memungkinkan untuk melakukan kerja sama bakrie group sebagai pemasok bagi perusahaan lain

2. Memperbaiki hubungan baik Bakrie Group dengan lingkungan Sosial

Hubungan perseroan dengan lingkungan sosial menjadi sangatlah penting mengingat jika perusahaan memiliki dampak yang buruk bagi perusahaan bahkan bisa menjadi anacaman tersendiri bagi kemajuan BNBR. Berdasarkan analisis saya Bakrie Group memiliki beberapa kelemahan terutama dengan lingkungan sosial oleh karena itu, beberapa tindakan nyata yang akan saya lakukan sebagai CEO adalah :

  • Bakrie Event: membuat agenda acara yang menghubungkan Bakrie group dengan lingkungan sosial (masyarakat). acara yang dimaksudkan di sini dapat berupa pengadakan kompetisi-kompetisi di bidang apapun guna menjalin hungan dengan lingkungan sosial terutama generasi muda.
  • Membuat program Bakrie group empowerment & consultation yaitu menyediakan peminjaman bagi usaha mikro dan makro serta  memberikan jasa konsultasi/pengarahan kepada pengguna program ini. Mengingat PT Bakrie group yang memiliki landasan nilai “ Bakrie untuk Negeri” maka program ini di buat untuk membantu dan memajukan usaha-usaha kecil atau ide-ide bisnis dan memajukan perusahaan-perusahaan yang ada di indonesia. Kelak jika program ini dapat berjalan dengan baik semoga bisa menjadi anak dari perusahaan bakrie group sebagai wujud “ Gerakan Bakrie untuk Negeri”.
  • Membuat program kerja Bakrie indonesian investment : penjualan saham & kontrak kerja 80% untuk indonesia dan 20% untuk luar negeri atau penjualan saham seluas-luasnya untuk negeri sendiri.

3. Bakrie anticipate

Tindakan ini dilakukan guna meminimalisir ancaman yang ada bagi perkembangan BNBR agar setiap sektor bisnis dapat berkembang.

  • Bakrie Group association : bekerja sama dengan perusahaan sejenis/perusahaan yang menyediakan bahan baku sesuai dengan yang dibutuhkan untuk menjadi pemasok agar proyek-proyek dapat berjalan baik serta selesai sesuai waktu yang ditentukan.
  • Bakrie Group Donation : Penyisihan laba bersih dari setiap sektor perusahaan sebanyak 5% untuk biaya antisipasi problem dalam bakrie group guna memecahkan permasalahan yang timbul.

Itulah analisis serta beberapa tindakan nyata dan kebijakan yang akan saya tempuh serta jalankan sebagai langkah awal guna mencapai perusahaan yang jauh lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang. beberapa kebijakan/tindakan yang akan saya lakukan tersebut akan menitik beratkan pada perbaikan hubungan bkrie Group dengan lingkungan sosial.

“ If you work and stay focused on your dreams your succes is 100% Predictable ” – Mitch Sala –

semoga di ulang tahunnya yang ke 70 tahun bakrie group menjadi lebih jaya dan lebih baik lagi kedepan….🙂

Regard,,

@yudizzdizz